Hubungan Kualitas Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Puskemas Kasihan I Kabupaten Bantul

Penulis

  • Muhamad Syarifudin
  • Ahmad Yani Noor
  • Haryo Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.59737/jpi.v10i1.91

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Pasien BPJS

Abstrak

Kualitas pelayanan kesehatan tidak senantiasa dipelihara dan ditingkatkan, besar kemungkinan jumlah
pasien akan menyusut. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan akan
mempengaruhi jumlah kunjungan. Apabila pasien tidak puas misalnya karena menunggu terlalu lama,
“provider” yang kurang ramah, keterampilannya juga kurang, akan membuat pasien kecewa. Berdasarkan studi
pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti kepada staf rekam medis Puskesmas Kasihan I Bantul, bahwa pernah
ada komplain dari pasien BPJS karena pelayanan TPPRJ yang cenderung lama. Masalah ini juga pernah
ditemukan langsung oleh peneliti, pasien yang mengeluh dan komplain terhadap pelayanan dibagian pendaftaran
pasien rawat jalan ketika penulis melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Puskesmas Kasihan I Bantul.
Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan kualitas pelayanan pendaftaran rawat jalan dengan tingkat
kepuasan pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Kasihan I Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan
teknik purpossive sampling yang berjumlah 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
kuisioner. Hasil penelitian ini adalah pada kualitas pelayanan sebagian besar responden memiliki jawaban baik
yaitu 49 responden, tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan menunjukan sebagian besar responden memiliki
jawaban puas yaitu 54 responden. Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kualitas
pelayanan pendaftaran dengan tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan. Kesimpulan penelitian ini adalah
tingkat kepuasan menunjukan bahwa sebagian besar responden memiliki jawaban puas dengan kualitas
pelayanan ditempat pendaftaran pasien rawat jalan Puskesmas Kasihan I Bantul.

Unduhan

Diterbitkan

2019-05-27

Terbitan

Bagian

Artikel