Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat di Apotek Sumber Sehat Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.59737/jpi.v11i2.68Kata Kunci:
kepuasan, persepsi, harapan, apotekAbstrak
Apotek merupakan lini terdepan dalam pelayanan langsung oleh tenaga kefarmasian kepada
masyarakat yang membutuhkan pelayanan obat. Untuk memberikan pelayanan farmasi yang baik dan
benar, tenaga kefarmasian hendaklah selalu meningkatkan pengetahuan tentang pelayanan kefarmasian
termasuk pelayanan obat kepada pasien. Kepuasaan merupakan fungsi dari kinerja dan harapan jika
kinerja dibawah harapan maka konsumen tidak puas dan konsumen akan sangat puas jika kinerjanya
melebihi harapan .Kepuasaan konsumen menggunakan jasa apotek merupakan cerminan hasil dari mutu
pelayanan kesehatan yang diberikan apotek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan
pelayanan obat yang didapatkan di Apotek Sumber Sehat Yogyakarta terhadap harapan dan persepsi
konsumen, kemudian hasilnya dilakukan uji apakah ada hubungan antara kinerja dan harapan dengan
kepuasan konsumen. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan total sampling terhadap
konsumen Apotek Sumber Sehat Yogyakarta, responden diambil secara acak dan berseda mengisi
kuisioner.Hasil penelitian menujukkan bahwa 80 responen menyatakan harpan akan pelayanan yang
bagus sebesar 86,78% dan persepsi 88%. Kesimpulan tingkat kepuasan konsumen tentang pelayanan
obat di apotek sumber sehat yogyakarta berdasarkan data harapan dan persepsi konsumen dapat dikatakn
puas dengan pelayanan apotek.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Edy Suprasetya, Muhtaria, Haryo Nugroho
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.