Analisis Sistem Antrian Dalam Pelayanan Administrasi Pada Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Permata Bunda Yogyakarta

Penulis

  • Harpeni Siswatibudi

DOI:

https://doi.org/10.59737/jpi.v11i1.233

Kata Kunci:

sistem antrian, rumah sakit, layanan, kinerja

Abstrak

Isu yang diangkat dalam penelitian ini adalah: "Bagaimana sistem antrian pelayanan administrasi
rumah sakit rawat jalan prumah sakit permata bunda yogyakarta". Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui sistem antrian pelayanan administrasi pasien rawat jalan di rumah sakit Permata
Bunda Yogyakarta. Dari perhitungan kinerja analitis Sistem Antrian dengan Single Change Single
Phase (M/M/1) kedatangan Pasien paling terlihat pada hari Senin, dimana rata-rata pasien datang
paling tinggi pada jam 09:00 sampai 11:00, Dimana rata-rata waktu yang dihabiskan pasien untuk
menunggu pada pasien dengan antrian terpanjang yang diperlukan dalam antrian adalah 0,061 menit
dan 0,009 menit adalah waktu terpendek yang terjadi pada jam 11:00 hingga 12:00. Waktu terlama
yang dibutuhkan pasien dalam sistem adalah 1.111 menit yang terjadi pada pukul 09.00 hingga 10.00
dan 10.00 hingga 11.00 dan waktu tersingkat adalah 0.059 menit yang terjadi pada pukul 11.00
hingga 12.00.Jika penambahan server menjadi dua server, waktu tunggu pasien dalam antrian
berkurang. Waktu tunggu dalam antrian paling lama untuk satu server yaitu 0,061 menit per pasien,
jika menggunakan 2 server waktu tunggu dikurangi menjadi 0,004 menit per pasien.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-25

Terbitan

Bagian

Artikel