HUBUNGAN PERSEPSI KUALITAS LAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN REKAM MEDIS DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN PUSKESMAS SEDAYU 2 BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2015

Penulis

  • Rizka Miftahul Jannah
  • Siti Nuryati
  • Harpeni Siswatibudi

DOI:

https://doi.org/10.59737/jpi.v7i2.127

Kata Kunci:

Hubungan Persepsi dan Kepuasan, Persepsi Kualitas Layanan, Tingkat Kepuasan Pasien

Abstrak

INTISARI: “Satisfaction is a person’s feelings of pleasure or disapointment resulting from comparing a product’s percieved performance (or outcome) in relation to his or her expectations” (kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi terhadap kinerja suatu barang atau jasa dan harapan-harapannya, Kottler dalam Hendroyono, 2007). Persepsi merupakan suatu proses yang didahului oleh proses pengindraan, yaitu merupakan proses diterimanya stimulus oleh individu melalui alat indra atau juga disebut proses sensory. Namun proses tersebut tidak berhenti begitu saja, melainkan stimulus tersebut diteruskan dan proses selanjutnya merupakan proses persepsi (Walgito, 2004). Sedangkan menurut pendapat lain, persepsi adalah suatu proses yang mana seseorang menyeleksi, mengorganisasikan, dan mengartikan informasi untuk memperoleh gambaran dunia yang berarti (Philip Kotler dan Gary Armstrong dalam Sari, 2009). Jadi persepsi konsumen terhadap kualitas jasa yang merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan jasa yang ditawarkan oleh organisasi pelayanan kesehatan berdasarkan pengalaman mereka sendiri saat bertransaksi atau mendapatkan pelayanan jasa di perusahaan atau organisasi pelayanan kesehatan tersebut.
Tujuan: Diketahuinya persepsi pasien terhadap kualitas layanan, tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Rekam Medis, karekteristik responden berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan dan pekerjaan serta hubungan antara persepsi kualitas layanan dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan rekam medis di tempat pendaftaran pasien Puskesmas Sedayu 2.
Metode: Kuantitatif analitik observasional dengan pendekatan Cross sectional.
Hasil: Persepsi pasien terhadap kualitas layanan 86% pasien berpersepsi positif. Kepuasan pasien terhadap pelayanan Rekam Medis 83% pasien puas. Karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin 50% laki-laki dan 50% perempuan, sedangkan menurut usia 30% adalah remaja akhir. Karakteristik responden berdasarkan pendidikan yaitu 55% adalah lulusan SMA, sedangkan menurut pekerjaan 21% adalah Ibu Rumah Tangga. Dari hasil uji korelasi didapatkan hasil, bahwa nilai correlation coefficient adalah 0,556, kemudian nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000. Hal ini menunjukan bahwa p < 0,05 berarti Hα diterima.
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang positif sebesar 0,556 atau 55,6% antara persepsi kualitas layanan dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Rekam Medis di Tempat Pendaftaran Pasien Puskesmas Sedayu 2 Bantul.

Unduhan

Diterbitkan

2016-11-28