ROOT CAUSE ANALYSIS PENGHAMBAT PENDAFTARAN ONLINE PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.59737/jpi.v14i1.227Kata Kunci:
Kata kunci : Root Cause Analysis, Pendaftaran Online, Mutu PelayanAbstrak
Latar Belakang : Pendaftaran online merupakan penerapan teknologi yang diharapkan mampu membuat
pekerjaan perekam medis semakin mudah, cepat, tepat, dan tentu dapat meminimalisir masalah yang ada, sehingga
dapat meningkatkan mutu pelayanan di pendaftaran. Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan bahwa
pendaftaran online masih memiliki hambatan dalam pengaplikasiannya, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian
untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pendaftaran online pasien rawat jalan di Rumah Sakit Nur Hidayah
Bantul. Tujuan : Mengetahui faktor-faktor penghambat pendaftaran online pasien rawat jalan di Rumah Sakit Nur
Hidayah Bantul. Metode Penelitian : Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian
studi kasus dan observasi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen.
Hasil : Faktor penghambat yang terjadi di pendaftaran online di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul antara lain
human error yang masih dilakukan petugas pendaftaran maupun pasien yang salah mengisi format pendaftaran,
server down dan koneksi internet yang kurang stabil membuat waktu tunggu pasien semakin lama dan berdampak
pada penumpukkan pasien di loket pendaftaran, dan faktor yang terakhir yaitu loket pendaftaran yang masih
menjadi satu tempat dan pembagian kerja yang kurang terstrukur membuat petugas kurang maksimal dalam
melaksanakan kewajibannya. Kesimpulan : Faktor penghambat pendaftaran online pasien rawat jalan yang terjadi
di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul antara lain, masih terjadi human error, server down serta koneksi internet
yang kurang stabil, dan loket pendaftaran yang masih menjadi satu tempat serta pembagian kerja yang kurang
terstruktur dimana hal ini berdampak pada penumpukkan pasien di loket pendaftaran yang menjadikan waktu
tunggu pasien menjadi semakin lama. Hal tersebut juga dapat mempengaruhi mutu pelayanan penerimaan pasien
rawat jalan di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 R. Haryo Nugroho, Novia Ayuningtyas
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.