ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN VERIFIKASI KLAIM BPJS PADA PEMBIAYAAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM MITRA PARAMEDIKA

ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN VERIFIKASI KLAIM BPJS PADA PEMBIAYAAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM MITRA PARAMEDIKA

Penulis

  • R. Haryo Nugroho P Poltekkes Permata Indonesia Yogyakarta
  • Wahyu Joko Pamungkas

DOI:

https://doi.org/10.59737/jpi.v13i1.54

Kata Kunci:

Pending klaim BPJS, faktor keterlambatan klaim, dampak keterlambatan klaim

Abstrak

Latar Belakang : Rumah Sakit Umum Mitra Paramedika adalah rumah sakit tipe D yang kurang lebih 84-86% pasiennya merupakan pasien BPJS, baik BPJS PBI maupun non PBI. Dalam proses klaim BPJS terdapat kendala yang menyebabkan verifikasi klaim BPJS tertunda. Pengajuan klaim yang seharusnya dilakukan pada tanggal 10 bulan berikutnya menjadi lebih dari tanggal 13 baru dapat dilakukan pengajuan klaim BPJS. Karena hal tersbut berdampak pada pemasukan rumah sakit. Dari latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab keterlambatan verifikasi klaim BPJS Kesehatan.

Tujuan : Mengetahui faktor penyebab keterlambatan verifikasi klaim BPJS Kesehatan pada pembiayaan pasien di Rumah Sakit Umum Mitra Paramedika

Metode :Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus.

Hasil : Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlambatan verifikasi klaim berdasarkan method, material, man, machine, measurement, dan environment. Pada faktor method seluruh petugas memahami dan mengetahui alur klaim BPJS Kesehatan. Pada faktor material, terjadi kekurangan dan ketidaklengkapan pengisian berkas. Pada faktor man, terjadi miss komunikasi antara petugas pelayanan kesehatan. Pada faktor machine, proses klaim BPJS Kesehatan sudah menggunakan INA-CBGs versi terbaru. Pada faktor measurement, belum terdapat SOP mengenai klaim BPJS dan hanya menggunakan MOU, Peraturan Menteri Kesehatan RI sebagai regulasi yang digunakan. Pada faktor environment, lingkungan kerja perbengaruh terhadap kenyamanan petugas dalam melakukan pekerjaan tapi tidak menjadi faktor keterlambatan verifikasi klaim BPJS Kesehatan.

Kesimpulan : Faktor penghambat dalam verifikasi klaim BPJS Kesehatan yaitu dari faktor material (terjadi kekurangan dan ketidaklengkapan pengisian berkas), dari faktor man (terjadi miss komunikasi antara petugas pelayanan kesehatan), dari faktor measurement (belum terdapat SOP mengenai klaim BPJS).

Kata Kunci : Pending klaim BPJS, faktor keterlambatan klaim, dampak keterlambatan klaim

Referensi

Alifia Harnanti, E., & Purwanti, S. K. M. (2018). Analisis Keterlambatan Pengajuan Klaim BPJS Di Rumah Sakit UNS (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Al Muchtar, S. (2015). Dasar penelitian kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Anyaprita, D., Siregar, K. N., Hartono, B., Fachri, M., & Ariyanti, F. (2020). Dampak Keterlambatan Pembayaran Klaim BPJS Kesehatan Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura. Muhammadiyah Public Health Journal, 1(1).

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Azwar, S. (2005). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barlian, E. (2018). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif.

Bungin, B. 2007. Pengertian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

EP, Antonius. Artanto. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Klaim Tertunda BPJS Kesehatan RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Periode Januari–Maret 2016. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 4(2).

Feriawati, P., & Kusuma, A. P. (2015). Faktor–Faktor Keterlambatan Pengklaiman BPJS Di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang Tahun 2015. Diakses dari: Http://eprints. dinus. ac. id, 15.

Herdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Kesehatan, B., 2015. Buku Panduan Praktis Administrasi Klaim Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan. Jakarta: Humas.

Kusnadi, E. (2011). Fishbone Diagram dan Langkah-langkah pembuatannya, (https://eriskusnadi.com/2011/12/24/fishbone-diagram-dan-langkah-langkah-pembuatannya, diakses 13 Januari 2021)

Lewiani, N., Lisnawaty, L., & Akifah, A. (2017). Proses Pengelolaan Klaim Pasien BPJS Unit Rawat Inap Rumah Sakit Dr. R. Ismoyo Kota Kendari Tahun 2016. (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat), 2(6).

Manurung, J., Munthe, S. A., Bangun, H. A., & Putri, N. (2020). Analisis Pending Claim Pada Pasien Bpjs Kesehatan Di Rsud Deli Serdang Lubuk Pakam Tahun 2018. Jurnal TeknologiKesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 2(2), 11-19.

Muhadjir, N (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi III, Pendekatan Positivistik, Rasionalistik, Phenomenologik, Realisme-metaphisik, Telaah Studi Teks Dan Penelitian Agama. Yogyakarta : PT. Bayu Indra Grafika

Nasution.2006. Metode Penelitian Naturalistik-kualitatif. Bandung : Tarsito

Noviatri, L. W., & Sugeng, S. (2016). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyerahan Klaim BPJS di RS Panti Nugroho. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(1), 22-26.

Notoadmojo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. RajagrafindoPersada.

Nurdiah, R. S., & Iman, A. T. (2016). Analisis Penyebab Unclaimed Berkas BPJS Rawat Inap di RSUD Dr. Soekardjo Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (JMIKI), 4(2).

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 tahun 2006 tentang Standarisasi Sarana dan Prasarana Kerja Pemerintah Daerah

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 340 tahun 2010 tentang Klasifikasi Rumah Sakit

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 55 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269 tahun 2008 tentang Rekam Medis

Pradani, E. A., Lelonowati, D., & Sujianto, S. (2017). Keterlambatan Pengumpulan Berkas Verifikasi Klaim BPJS di RS X: Apa Akar Masalah dan Solusinya?. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6(2), 112-121.

Presiden RI. 2018. Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia

Purba, E. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pengklaiman BPJS Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia (RSU IPI) Medan Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 5(2), 166-180.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilani, A. T., & Wibowo, T. A. (2015). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Untuk Mahasiswa Kesehatan. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Tague, N. R. (2005). Fishbone (Ishikawa) Diagram. Learn About Quality: About 7 Basic Quality Tools.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN)

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-24