The THE INFLUENCE OF PERCEPTION EASE OF USE ON THE PROFESSIONAL ATTITUDE OF CAREGIVERS IN THE APPLICATION OF ELECTRONIC MEDICAL RECORD OUTPATIENT IN BETHESDA HOSPITAL LEMPUYANGWANGI, YOGYAKARTA

Penulis

  • Rina Yulida Politeknik Kesehatan Permata Indonesia
  • Alyani Cahyaningrum
  • Harinto Nur Seha

DOI:

https://doi.org/10.59737/jpi.v15i1.279

Kata Kunci:

Rekam medis elektronik, Technology Acceptenance Model (TAM), persepsi

Abstrak

Latar Belakang : Rekam Medis Elektronik (RME) adalah sebuah perangkat teknologi informasi untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah serta mengakses data rekam medis pasien di rumah sakit. Penerapan rekam medis elektronik ini dimaksudkan untuk mempermudah pelayanan kesehatan dan diharapkan memiliki efek yang positif pada perawatan dan tindakan yang diberikan kepada pasien. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti menggunakan metode TAM (Technology Acceptenance Model) untuk mengetahui keefektifan penerapan dan penerimaan sistem rekam medis elektronik berdasarkan persepsi kemudahan PPA (Profesional Pemberi Asuhan) terhadap sikap yang nantinya dapat mempengaruhi dalam penerimaan teknologi rekam medis elektronik khususnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan pasien.

Tujuan : Mengetahui pengaruh persepsi kemudahan pengguna RME terhadap sikap perilaku pengguna RME di Rumah Sakit Lempuyangwangi Yogyakarta.

Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif analitik. Desain penelitan yang digunakan adalah cross sectional. jumlah sampel yang akan diteliti adalah sebesar 71 PPA (Profesional Pemberi Asuhan). Penelitian ini di tetapkan dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Variabel bebasnya adalah faktor kemudahan (Peceived ease of use). Variabel terikat adalah sikap pengguna dalam menggunakan RME (Rekam Medis Elektronik). Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan uji regesi linear sederhana dan distribusi frekuensi.

Hasil : Sebanyak 59,2 % responden tergolong kategori cukup baik dalam persepsi kemudahan profesional pemberi asuhan terhadap penggunaan RME dan sebanyak 71,8% responden tergolong kategori cukup baik dalam sikap pengguna RME.

Kesimpulan : Ada pengaruh persepsi kemudahan terhadap sikap profesional pemberi asuhan pada penerapan rekam medis elektronik rawat jalan di Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta.

Referensi

Andriani, R., Kusnanto, H. & Istiono,

W. 2017. Analisis Kesuksesan Implementasi Rekam Medis Elektronik di RS. Jurnal Sistem Informasi, 7.

Ningtyas, A. & Lubis, I. 2018. Literature Review Permasalahan Privasi Pada Rekam Medis Elektronik. Jurnal Pseudocode, V(2), 6.

Suiraoka., Putu., Budiani, N.N., Sarihati, Dewi.IG.A. 2019.

Metodologi Penelitian Kuantitatif Bidang Kesehatan. Yogyakarta : Pustaka Pasena.

Notoadmojo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Revi R., Sali S., Aris S. 2021. Evaluasi Penerapan Rekam Medis Elektronik Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum X Bandung Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Indonesia, Agustus 2021, 1 (8), 1045-1056.

Putra. 2020. Solusi Mengatasi Data Yang Tidak Berdistribusi Normal. (Online), (https://www.dimaschannel.com/202 0/06/solusi-mengatasi-data-yang- tidak.html#:~:text=Dampak%20dari

%20data%20yang%20tidak,untuk%2 0menjadikan%20data%20berdistribu si%20normal. Diakses 7 Agustus 2023)

Putra, D. S. H & Kurniawati, R. 2019. Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM) di Rumah Sakit X. J- REMI : Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 1(1).

Rohmah, N. A. Nurmawati, I. Muflihatin, I. & Syaifudin. 2020.

Analisis Penerapan RME pada Unit Coding Rawat Jalan RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang. J-REMI : Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan.

Hendra, N.S & Salim. 2020. Potret Sikap Mahasiswa dalam Penggunaan Literasi Digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, V(4),2.

Herlinawati., Nofierni., Wahidi. R.K. 2013. Sikap, Motivasi Dokter Dan Kemudahan Penggunaan Sistem Sebagai Determinan Kepatuhan Penggunaan Rekam Medis Elektronik. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes.

Arry, W. & Ayunabilah, S.A.P. 2017. Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Sikap Penggunaan Teknologi Pada Pengguna Instagram Di Indonesia (Studi Pada Followers Akun Kementrian Pariwisata @indtravel). Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis, V(1),1.

Intansari., Rahmawati. M., Hapsari.

D. F., 2023. Evaluasi Penerapan Rekam Medis Elektronik Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model Di Rumah Sakit X di Surabaya. J-REMI : Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.

Widiyanto. W. W., Suparti. S., Budi.

P. A., Sunandar. A. 2023. Analisis Penerapan Rekam Medis Elektronik Di FKTP Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31