Persepsi Mahasiswa Jurusan Kebidanan Terhadap Perkuliahan Daring Menggunakan Platform Edmodo Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Covid-19 Di Poltekkes Permata Indonesia Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.59737/jpi.v11i2.65Kata Kunci:
Pembelajaran daring, Covid-19, EdmodoAbstrak
Wabah corona virus disease 2019 (COVID-19) telah melanda 215 negara di dunia termasuk
Indonesia. Kemendikbud kemudian mengeluarkan himbauan untuk melakukan kegiatan pembelajaran
secara daring atau online. Hal ini dilakukan demi memutus rantai penyebaran virus dan menjaga
keamanan serta keselamatan peserta didik dari rumah dengan memanfaatkan teknologi dan media
internet. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji persepsi mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan
terhadap perkuliahan daring meggunakan platform Edmodo sebagai sarana pembelajaran selama covid-
19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan cross
sectional. Pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu seluruh mahasiswa program studi
DIII Kebidanan TA 2020/2021. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 73 mahasiswa dengan pemberian
kuesioner secara online menggunakan google form. Hasil penelitian yang didapat, sebagian besar
mahasiswa dapat mengkuti perkuliahan daring menggunakan platform Edmodo dengan keefektifan baik
61,8%, dan merasa puas kuliah dari dengan platform Edmodo sebanyak 50%, untuk keefektifan media
pembelajaran perkuliahan daring mahasiswa lebih banyak memilih menggunakan video pembelajaran
50%. Penerapan e-learning berbasis Edmodo membuat proses pembelajaran terlihat santai dan
menciptakan suasana belajar yang nyaman.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Chici Riansih
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.