Manajemen Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Di Poltekkes Permata Indonesia Dalam Acara Vaksinasi Massal Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.59737/jpmpi.v2i1.47Kata Kunci:
Imunisasi, Pelaporan, Pencatatan, Kesehatan, KualitasAbstrak
Meningkatnya penggunaan vaksin yang diiringi oleh tingginya cakupan imunisasi mengakibatkan
timbulnya kejadian yang berhubungan dengan imunisasi. Kementerian Kesehatan Republik
Indonesia telah menggunakan Sistem Informasi Pencatatan dan Pelaporan KIPI untuk mengetahui
reaksi dari imunisasi yang diberikan, Sistem ini digunakan oleh seluruh provinsi di Indonesia
berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Penelitian ini akan menguji terhadap
kualitas website Sistem Informasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi sebagai variabel bebas sejauh
mana website ini dapat mempengaruhi penggunanya saat mengakses Sistem Informasi Pencatatan
dan Pelaporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi. Sebagai variabel penilaian terdiri dari 3 komponen
yaitu Kualitas kegunaan (Useability), Kualitas Informasi (Information Quality) serta Kualtias Interaksi
(Interaction Quality) dengan menggunakan sampel sebanyak 75 orang. Dalam pengolahan data
penelitian kualitas website terhadap Sistem Informasi Pencatatan dan Pelaporan Kejadian Ikutan
Paca Imunisasi ini menggunakan SPSS 2.4 dalam pengolahan data. Hasil penelitiam dari rating scale
mengambarkan bahwa penilaian terhadap Sistem Informasi Pencatatan Dan Pelaporan Kejadian
Ikutan Pasca Imunisasi mendapatkan rating scale sangat baik, hal tersebut dibuktikan dari skala 301-
375 useability mendapatkan hasil 316.1 yang artinya usability bernilai sangat baik, dari skala 301-
375 information quality mendapatkan hasil 332.8 yang artinya information quality bernilai sangat baik
dan dari skala 301-375 service interaction quality mendapatkan hasil 308.5 yang artinya service
interaction quality bernilai sangat baik.