MANAJEMEN PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA REKAM MEDIS DI FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN

Penulis

  • Anas Rahmad Hidayat
  • Wahyu Joko Pamungkas

DOI:

https://doi.org/10.59737/jpmpi.v3i1.218

Kata Kunci:

Manajemen, Pengentahuan, Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Abstrak

Rekam medis mempunyai nilai guna sebagai informasi pemeliharaan kesehatan dan pengobatan
pasien sebagai alat bukti dalam proses penegakan hukum, membina disiplin tenaga medis,
penegakan etika kedokteran, untuk keperluan pendidikan dan penelitian, dasar pembiayaan
pelayanan kesehatan dan untuk menyusun statistik kesehatan. Oleh karena itu pengisian rekam
medis ini harus lengkap dan tidak boleh ditunda pengisiannya baik bagi pasien ataupun tenaga
kesehatan. Namun, banyak masyarakat yang belum mengetahui fungsi penting dari melengkapi
rekam medis dan keterbukaan informasi pribadinya yang harus diberikan kepada fasilitas
pelayanan kesehatan bahkan tenaga kesehatan yang merawatnya dalam menunjang mutu
informasi pada rekam medis tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan
masyarakat tentang pentingnya rekam medis bagi masyarakat yang berobat di fasilitas pelayanan
kesehatan. Materi yang disampaikan terkait penerapan mutu di rekam medis dapat terlaksana
mulai dari penyusunan indikator, kemudian metode yang digunakan dapat berupa analisis
kuantitatif dan kualitatif, dimensi yang tergambar dalam pelayanan rekam medis yaitu tangible
(bukti fisik), reliability (kehandalan), responsivness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan
emphaty ( empati), dan ketertarikannya dengan kendali mutu dan biaya. Peserta materi beriteraksi
dengan baik selama pelaksanaan pengabdian masyarakat berlangsung.

Diterbitkan

2023-03-02

Cara Mengutip

Rahmad Hidayat, A., & Pamungkas, W. J. (2023). MANAJEMEN PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA REKAM MEDIS DI FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Permata Indonesia, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.59737/jpmpi.v3i1.218