Eksperimen Sains Sederhana di KB-TKIT Salman Al-Farisi 2 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.59737/jpmpi.v3i1.210Kata Kunci:
experiments, childhood, scienceAbstrak
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada hakikatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Oleh karena itu PAUD memberikan kesempatan bagi anak untuk mengembangkan kepribadian dan potensi secara maksimal. Anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Rasa ingin tahu tersebut perlu difasilitasi oleh orang dewasa, termasuk orangtua/tutor/guru yang berfungsi sebagai guru anak. Anak dapat belajar apa saja sejak dini, termasuk belajar sains. Belajar sains sejak dini dimulai dengan memperkenalkan alam dan lingkungan. Hal tersebut akan memperkaya pengalaman anak. Anak belajar bereksperimen, bereksplorasi, dan menginvestigasi lingkungan sekitarnya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anak-anak dalam mengasah kemampuan berfikir terhadap peristiwa sains sederhana dan memberikan edukasi kepada anak-anak tentang eksperimen sederhana Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk simulasi dan pendampingan praktik secara langsung kepada siswa/i TK-KBIT Salman Al-Farisi 2 Yogyakarta. Eksperimen yang pertama adalah meniup balon dengan botol. Eksperimen yang kedua adalah membuat warna pelangi dalam botol dan yang ketiga yaitu lava lamp. Hasil dari kegiatan ini yaitu peserta dapat melakakukan eksperimen sains sederhana dan mendapatkan pengetahuan ilmiah dari ekperimen yang dilakukan.