Panduan Penulis

Jurnal Permata Indonesia

  1. Naskah yang ditinjau dapat dikategorikan menjadi 4, yaitu naskah diterima tanpa perbaikan (Accepted Submission), naskah memerlukan revisi penulis sebelum diterima (Diperlukan Revisi), penulis harus melakukan perbaikan mendasar dan naskah akan melalui proses review lagi ( Kirim ulang untuk Peninjauan), dan naskah tidak dapat diterima untuk publikasi (Tolak Pengajuan).
  2. Para penulis, yang tidak memperbaiki naskah dalam waktu 1 minggu, secara otomatis dianggap membatalkan publikasi dan juga membatalkan semua pernyataan penerimaan sebelumnya.
  3. Penarikan naskah dalam proses peninjauan tidak dapat dilakukan. Naskah yang sudah diterima tidak bisa ditarik.
  4. Naskah yang diterima akan melalui proses penyuntingan oleh editor. Penulis kemudian harus menyetujui hasil pengeditan, melalui menyalin tahapan pengeditan sesuai dengan instruksi yang diberikan. Waktu persetujuan tidak lebih dari satu minggu. Setelah proses persetujuan penyuntingan, naskah menjalani proses tata letak sebelum publikasi. Penulis juga harus memberikan persetujuan untuk mengeluarkan hasil publikasi dalam waktu satu minggu.

 

Baca pedoman pengiriman dengan cermat:

Persyaratan standar minimum JURNAL PERMATA INDONESIA harus

  1. Ditulis dalam Bahasa Indonesia, sedangkan Abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Inggris
  2. Judul artikel dalam jurnal ilmiah harus mencerminkan inti dari isi tulisan, spesifik, dan efektif. Judul maksimal 14 kata. Artikel yang menggunakan selain bahasa Inggris harus dilengkapi dengan terjemahan judul dalam bahasa Inggris.
  3. Nama Penulis dan Lembaga Penulis. Nama(-nama) penulis harus ditulis tanpa kualifikasi dan jabatan akademik serta pangkat. Alamat lembaga penulis dan penulis korespondensi (telepon, faksimile, alamat surel) harus ditulis jelas. Nama penulis dan lembaga penulis harus ditulis lengkap, tanpa gelar dan konsisten. Nama lembaga penulis (nama lembaga, alamat dan kode pos, nama negara) sebaiknya ditulis utuh (tidak disingkat) dan sesuai dengan standar penulisan nama lembaga di lembaga tersebut.
  4. Ditulis secara singkat dalam bahasa Inggris dan Indonesia maksimal 250 kata. Abstrak artikel jurnal sedikitnya meliputi tujuan, metode singkat, dan temuan penting. Setiap artikel dalam jurnal ilmiah harus memuat abstrak yang umumnya hanya satu paragraf (bukan ringkasan yang terdiri atas beberapa paragraf) dalam bahasa Inggris (wajib) dan/atau bahasa Indonesia yang ringkas, jelas, utuh, tidak ada acuan pustaka, gambar, dan tabel, dan lengkap menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan.
  5. Kata Kunci. Kata kunci merupakan kata baku yang dipilih secara cermat supaya mampu mencerminkan konsep artikel terkait. Kata kunci berfungsi untuk mempermudah akses artikel yang bersangkutan oleh mesin pencari.
  6. Sistematika Penulisan Artikel. Sistematika penulisan artikel terdiri atas bagian abstrak, pendahuluan, material dan metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, saran dan referensi.
  7. Panjang kertas yang dikirimkan setidaknya 6 halaman dan tidak lebih dari 12 halaman. Editor akan dievaluasi jika makalah membutuhkan lebih dari 12 halaman.
  8. Gunakan alat seperti Zotero atau Mendeley untuk manajemen referensi dan pemformatan. Referensi minimal 15 referensi dengan minuminum 70% referensi primer

Untuk penjelasan lebih lanjut, dapat ditemukan di "TEMPLATE".